Minggu, 25 Agustus 2013

Informasi Penerimaan CPNS Kemenkumham 2013

Informasi Lengkap Penerimaan CPNS Kemenkumham 2013


Salah satu instansi pemerintah yang akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun 20013 ini adalah Kementerian Hukum dan Hukum Asasi Manusia (HAM). Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menjadi salah satu dari 65 instansi pemerintah  yang akan membuka lowongan CPNS. Pemerintah akan merekrut sekitar 60.000 pegawai baru. Dari total CPNS baru itu, sebanyak 20.000 CPNS direkrut instansi pusat dan sisanya direktur pemerintah daerah.

Merebaknya isu penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 23-27 Agustus 2013 lalu memicu Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana angkat bicara dalam akunnya di salah satu media jejaring sosial. Dalam pernyataannya, Wamenkumham mengingatkan kepada masyarakat yang berminat mencari pekerjaan di salah satu instansi pemerintah pusat ini untuk berhati-hati terhadap berita palsu (hoax) dan terus memantau perkembangan info lowongan CPNS pada sumber yang terpercaya. Disamping itu, Wamenkumham juga memastikan bahwa penerimaan CPNS Kemenkumham 2013 akan tetap digelar namun untuk waktunya belum dapat dipastikan. 

Dalam warta lain, diberitakan bahwa Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Haru Tamtomo, juga berpandangan sama dengan Wamenkumham dan mengklarifkasi informasi dari berbagai media atas berita palsu yang telah berkembang. Melalui Kasubbag Humas, Abdul Hamid memberikan pernyataan bahwa hingga saat ini pendaftaran tes CPNS Kemenkumham belum dimulai. Karena itu, dia mengklarifikasi bahwa informasi pendaftaran tes CPNS secara online mulai 23 – 27 Juli 2013 bukan rilis resmi dari Kemenkumham. Sebab, belum ada petunjuk resmi dari pusat. Abdul Hamid mengaku, Kemenkumham memang juga akan melakukan penerimaan CPNS tahun ini, sama seperti instansi-instansi vertikal lainnya. Hanya saja, dia memastikan jadwal pendaftaran belum dimulai 23 Juli. Dia memperkirakan, paling cepat pendaftaran setelah lebaran Idul Fitri 1434 H.

“Bukan tidak ada penerimaan tahun ini, akan tetapi kita belum tahu kapan waktunya saja. Sebab kita saja belum mendapatkan surat resmi dari Kemenkum HAM pusat. Sebab biasanya kalau ada penerimaan sejak jauh hari kita sudah mendapat surat resmi,” kata Abdul Hamid saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (22/7).

Dikatakan Abdul, pihaknya tidak mengetahui persis jika ada informasi tentang lowongan CPNS Kemenkum HAM di internet.  “Kita sudah cek memang belum ada, dan kita juga sudah konfirmasi kepusat belum ada. Dan bisa saja alat kini kan sudah canggih, ada yang sengaja buat tentang lowongan itu di internet. Kalau situs resmi Kemenkum HAM itu tidak ada sama sekali. Karena biasanya kalaupun ada, kita sudah diberitahu duluan sejak awal secara resmi untuk diumumkan,” ujarnya.

Ditambahkan Abdul, untuk kuota formasi yang dibutuhkan saat ini adalah formasi sipir (penjaga lapas) menjadi prioritas seluruh Indonesia, termasuk wilayah Provinsi Bengkulu. Mengingat saat ini tidak sebanding antara penjaga dengan penghuni lapas.

“Saya rasa mungkin sekitar sudah lebaran nanti, baru ada buka pendaftaran resmi. Sebab meskipun vertikal, pelaksanaan tesnya juga kan seperti sebelumnya dilaksanakan didaerah masing-masing dikantor wilayah Kemenkum HAM,” ungkapnya.

Diperkirakan tes CPNS Kemenkumam tidak akan berbeda jauh dengan perkembangan tes CPNS umum lainnya yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan september. Untuk itu kesempatan pelamar kerja belajar dan melengkapi persyaratan masih cukup panjang. Adapun sumber-sumber penerimaan CPNS Kemenkumham 2013 yang dapat diakses oleh pelamar atau pencari kerja Kemenkumham adalah sebagai berikut :

2. Website/Blog Penerimaan CPNS Online yang terpercaya (blog ini juga bisa..-_-).
3. Media Surat Kabar Lokal.
4. Klarifikasi langsung pada instansi atau unit kerja Kemenkumham di masing wilayah.

Dengan mengacu pada rekruitmen CPNS Kemenkumham 2012, sekedar bahan persiapan pengumpulan berkas umum (penting) bagi pelama kerja adalah sebagai berikut :

1.  Print registrasi Online. *
2.  Fotokopi Ijazah SMA/SMKS1/S2 legalisir dan yang asli.*
3.  Fotokopi transkrip nilai/Nilai UAN/UAS/Nem/STTBdsb.*
4.  SKCK terbaru.*
5.  Surat Ket Bebas Narkoba Terbaru.*
6.  KIR//Surat Keterangan Berbadan Sehat, Tidak Buta Warna dan Tidak Tuli terbaru.*
7.  Fotokopi Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja) Terbaru.*
8.  Pas Poto Berwarna.*
9.  Fotokopi Akta Kelahiran.*
10. Sertifikat Komputer/ Sertifikat Keahlian Khusus lainnya (Bila ada).*
11. Yang Pasti Surat Lamaran Kerja.* dan surat pernyataan lain (tentatif).
-    Periksa ya tinggi badannya... Tinggi Pria Min. 165 cm, Tinggi Wanita Min. 155 cm*

Syarat diatas bukan syarat penerimaan CPNS Kemenkumham 2013, hanya sebagai pedoman mempersiapkan diri bagi para pelamar kerja untuk CPNS Kemenkumham 2013.

Informasi rekruitmen CPNS menggunakan Sistem CAT (Computer Assisted Test) 
Seleksi penerimaan CPNS 2013 direncanakan bakal dimajukan September. Perubahan jadwal penerimaan CPNS 2013 ini karena berkaitan dengan penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam seleksi penerimaan CPNS tahun 2013 ini.

“Tes penerimaan CPNS dari pelamar umum Insya Allah dilakukan bulan September. Sebelumnya memang Oktober, tapi karena menggunakan CAT dimajukan. Apalagi Badan Kepegawaian Negara sebagai pelaksana sudah menyelesaikan program CAT-nya di seluruh kantor regionalnya,” papar Arizal, asisten deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kepada JPNN, Jumat (12/7).

Ia menambahkan, meski sebulan dengan tes penerimaan CPNS 2013 dari honorer kategori dua (K2), namun jadwalnya tidak akan disamakan. “Tes honorer K2-nya yang kita dahulukan baru pelamar umum,” terangnya.

Lantas bagaimana mekanisme tesnya? Dijelaskan Arizal, mengingat keterbatasan sistem CAT, pelaksanaan tes akan dilakukan per regional. Sedangkan untuk pusat, dibagi dalam beberapa kelompok kementerian/lembaga.

“Untuk pusat, dalam sehari yang bisa ikut tes sistem CAT ada 700 orang. Sedangkan daerah hanya 150 orang per hari. Itu sebabnya, jika instansi pusat A dan B total jumlah pelamarnya 800, bisa dites di hari yang sama. Tapi kalau lebih, dites dua hari,” bebernya.

Ditambahkannya, satu komputer hanya bisa menguji lima orang per harinya. Bila dipaksakan lebih dari itu, sistemnya tidak akan jalan. “Namanya komputer, pasti ada keterbatasannya kan,” sergahnya.
Lantaran tesnya dilakukan bertahap, Arizal memperkirakan jadwal pengujian tes kompetensi dasar (TKD) akan berlangsung dua bulan. Itupun setiap hari harus ada tes (pusat 700 orang, daerah 150 orang).(hariansumutpos.com)

Bagi calon pelamar diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2013 nanti. Karena seperti tahun 2012 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2013 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.

Sumber RB - Solo Pos - Casn-id.blogspot




Tidak ada komentar:

Hero Herlambang Bratayudha, SH - Rayhan Yusuf Mirshab